Tutwuri.id
News and Edutainment

ITS Buka Jalur Kelas Internasional

Tutwuri.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka program baru pada tahun 2019 ini. Program itu adalah Kelas Internasional. Pendaftaran jalur Kelas Internasional masih dibuka hingga tanggal 23 Juli 2019 mendatang.

Wakil Rektor I ITS Prof. Adi Soeprijanto menjelaskan, ITS menyediakan kuota sebanyak 30 kursi untuk masing-masing jurusan di Kelas Internasional. “Sehingga, jika ada 15 jurusan di Kelas Internasional, maka total keseluruhan ada 450 kuota yang tersedia di jalur ini,” katanya.

Berbicara antusiasme calon mahasiswa baru di Kelas Internasional ini, Adi juga menuturkan hingga minggu lalu data mencatatkan sudah sekitar 70 mahasiswa yang mendaftar pada program ini. Namun dirinya optimistis, setelah hasil PKM diumumkan, peminat Kelas Internasional akan melonjak secara drastis. Karena para calon mahasiswa baru yang tidak diterima di jalur PKM masih mempunyai kesempatan untuk masuk ke ITS melalui jalur Kelas Internasional ini.

Sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Adi menuturkan, dengan adanya sistem Ujian Tulis Berbasis Kompouter (UTBK) jadi lebih transparan, dan karena itu ITS bisa mendapatkan bibit yang lebih bagus. “Mahasiswa juga sudah mengetahui nilainya lebih dulu, sehingga dia akan lebih paham masuk jurusan mana sesuai kemampuan terbaiknya, proses ini yang akan membuahkan bibit-bibit unggul untuk mahasiswa baru di ITS,” ujarnya.

Kelas Internasional ini, menurut Adi, juga ditujukan untuk semakin mematangkan langkah ITS menuju World Class University (WCU). Kelas ini adalah satu langkah gebrakan pasti untuk membekali para mahasiswa dengan pengalaman studi yang mendunia. Karena di program Kelas Internasional nantinya para mahasiswa akan difasilitasi untuk melakukan pertukaran pelajar ke kampus luar negeri yang telah menjalin mitra dengan ITS.

Mahasiswa yang melakukan student exchange yang mengambil mata kuliah di kampus tujuannya tersebut dapat melakukan transfer kredit mata kuliah yang diakui ITS. “Selain itu juga, kita (ITS, red) juga akan mendatangkan dosen-dosen tamu dari luar negeri untuk mengajar di sini dan bahkan juga ada untuk program joint degree di Kelas Internasional ini,” paparnya.

Selanjutnya, begitu nanti jalur Kelas Internasional ditutup, semua mahasiswa baru yang diterima di kampus pahlawan ini akan dikukuhkan secara resmi menjadi mahasiswa ITS serentak pada tanggal 13 Agustus 2019 mendatang. Sedang perkuliahan di semester ganjil ini akan resmi berjalan mulai tanggal 26 Agustus 2019.

Berita Lainnya