Tutwuri.id
News and Edutainment

Pendidikan Keluarga Miliki Pengaruh Utama Perilaku Individu

Tutwuri.id – Pendidikan keluarga menjadi sebuah hal yang penting dalam membentuk karakter anak di masa depan.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Harris Iskandar mengatakan, keluarga adalah pendidikan pertama yang memiliki pengaruh besar terhadap perilaku individu.

“Masalah pendidikan keluarga yang sering ditemui adalah orang tua belum optimal dalam mengenali potensi dan bakat anak, juga belum sinergi antara pendidikan di sekolah, keluarga dan masyarakat,” ungkap Haris di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara itu, pemerhati pendidikan Najeela Shihab menjelaskan bahwa setiap orang mempunyai modal cinta sebagai orang tua, namun setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk merealisasikan modal cintanya tersebut.

“Modal cinta adalah bentuk kasih sayang orang tua terhadap anak, namun kembali lagi ke masing-masing individu, bagaimana caranya modal cinta itu bermakna menjadi lebih baik dan positif,” jelasnya.

Senada dengan hal tersebut, dr. Aisah Dahlan menuturkan, dalam pola pengasuhan orang tua harus membedakan cara mendidik dan cara memperlakukan anak perempuan dengan laki-laki. Menurutnya, hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan perkembangan otak perempuan dan laki-laki. Otak kanan berkaitan dengan berbicara, sementara otak kiri berkaitan dengan bermain. Perempuan cenderung menggunakan otak kanan dan kiri, sementara laki-laki hanya menggunakan otak kiri saja.