Tutwuri.id
News and Edutainment

ITS Terima 1.959 Mahasiswa Jalur Mandiri

Tutwuri.id – Hasil penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Program Kemitraan dan Mandiri (PKM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah diumumkan Kamis (18/07/2019) malam pukul 23.00 WIB. Tercatat pada pengumuman tersebut, ITS menerima total 1.959 mahasiswa baru dari jalur PKM.

Sehingga total mahasiswa baru yang telah diterima di ITS tahun 2019 mencapai 4.784 mahasiswa melalui tiga jalur yang sudah disediakan yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan PKM.

Wakil Rektor I ITS Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Adi Soeprijanto menjelaskan, pada jalur PKM ini terdapat empat jurusan yang paling diminati. Yakni Departemen Informatika, Departemen Sistem Informasi, Departemen Teknik Elektro, dan terakhir Departemen Teknik Industri.

“Namun ada yang menarik kali ini, bintang baru di ITS yaitu Departemen Aktuaria ternyata juga sangat diminati oleh para calon mahasiswa,” katanya.

Adi mengatakan, peminat jurusan Aktuaria ini hingga mencapai dua kali lipat dari kuota kursi yang disediakan oleh ITS. “Sehingga ke depannya mungkin jurusan Aktuaria harus membuka kelas baru lagi untuk mewadahi minat dari masyarakat yang tinggi ini,” tuturnya.

Guru besar Teknik Elektro ITS ini juga mengutarakan, pada jalur PKM ini ITS tetap menyaring kualitas dari mahasiswa yang bisa diterima yang terbaik. Karena ITS tidak akan menurunkan standar nilai UTBK yang dipakai untuk jalur PKM ini secara drastis. Sehingga, dengan begitu ITS tetap menjaga komitmennya untuk terus menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan berprestasi.

Jalur PKM ini, imbuh Adi, bukanlah jalur akhir yang dapat ditempuh para calon mahasiswa untuk bisa masuk ke ITS. Adi menuturkan, penerimaan dari jalur Vokasi masih dibuka hingga tanggal 21 Juli 2019 dan juga jalur Kelas Internasional masih dibuka hingga tanggal 23 Juli 2019 mendatang.

“Jadi para siswa yang belum dapat diterima di jalur SNMPTN, SBMPTN dan PKM masih ada kesempatan masuk ke ITS melalui kedua jalur tersebut (Vokasi dan Kelas Internasional, red),” tandasnya.

Berita Lainnya