Tutwuri.id
News and Edutainment

Guru SMPN 55 Surabaya Tulis Buku ‘Karena Sekolah Bukan Laundry’

Tutwuri.id – Di tengah rutinitas menjadi guru SMPN 55 Kota Surabaya, Eka Erawati merupakan sosok penulis yang produktif. Ini terbukti dengan terbitnya buku berjudul Karena Sekolah Bukan Laundry. Buku tersebut merupakan kumpulan tulisan sejak tahun 2009.

Eka menjelaskan, buku Karena Sekolah Bukan Laundry merupakan karya buku pertama. Di dalamnya berisikan kumpulan tulisan yang pernah dimuat di beberapa media cetak nasional maupun tulisan blog pribadi. “Sekolah bukan laundry adalah sebuah kiasan atas kritik yang ingin saya sampaikan kepada orang tua,” katanya saat ditemui, Jumat (19/07/2019).

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) ini melanjutkan, sebagian orang tua telah menjadikan sekolah sebagai tempat memasrahkan total pendidikan putra-putrinya. Orang tua tinggal menerima bersih tanpa banyak terlibat dalam proses pendidikan anaknya. Padahal, berbagai persoalan anak di sekolah, akar masalah sebenarnya berada di rumah.

“Ada gambaran general yang terjadi di semua sekolah, baik negeri maupun swasta. Kebetulan saya pernah mengajar di beberapa tipe sekolah, mulai dari swasta favorit hingga negeri favorit. Itu sebelum ada sistem zonasi, ya,” terangnya.

Eka menerangkan, buku yang diterbitkan oleh PT. Mediaguru Digital Indonesia itu akan diluncurkan dan dibedah pada 21 Juli di Malang dalam acara Simposium Nasional bersama Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Buku ini berisikan 18 tulisan yang mencoba mengupas akar permasalahan anak, mulai dari masalah pribadi, belajar, dan sosial anak. Demikian pula cara menanganinya, baik di sekolah maupun di rumah atau keluarga,” terangnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Ikhsan mengapresiasi terbitnya buku karya guru SMPN 55 itu. Menurutnya, buku ini menjadi sumbangsih guru Kota Surabaya bagi dunia pendidikan secara umum.

“Sebagai guru BK, tentunya memiliki pengalaman dalam menangani anak. Berbagai pengalaman yang dituliskan dalam buku ini tentu saja bertujuan baik,” tandasnya.

Berita Lainnya