Tutwuri.id
News and Edutainment

Sekian Tahun Berjuang, Risma Terharu Aset YKP Kembali ke Pemkot Surabaya

Tutwuri.id – Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jatim akhirnya menyerahkan aset Yayasan Kas Pembangunan (YKP) dan PT Yekape kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Penyerahan tersebut dilakukan di Kantor Kejati Jatim, Kamis (18/07/2019), bersamaan dengan kegiatan Deklarasi Gerakan Penyelamatan Aset Negara.

Penyerahan aset tersebut dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan sejumlah wali kota dan bupati se-Jatim.

Saat penyerahan aset YKP dan PT Yekape secara simbolis kepada Wali Kota Surabaya, Risma tampak menangis haru. “Ini sampai dari berangkat belum percaya, sekian tahun saya berjuang untuk bisa mengembalikan aset ini (YKP dan PT Yekape). Saya terima kasih yang luar biasa,” kata Risma.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini melanjutkan, pengembalian aset tersebut bukan diperuntukkan bagi dirinya, melainkan merupakan aset warga Kota Surabaya yang nantinya juga akan dikembalikan kepada warga Surabaya.

“Karena nilainya kan luar biasa, mungkin aset se-Surabaya itu sepertiganya. Jadi luar biasa besar sekali aset ini. Jadi terus terang saya sangat tidak percaya sebetulnya. Tetapi Tuhan mengabulkan doa yang sekian tahun saya impikan,” ujar Risma terharu.

Ia kembali mengucapkan terima kasih atas kembalinya seluruh aset YKP dan PT Yekape yang bernilai sekitar Rp 5 triliun tersebut. “Saya ke mana-mana bawa berkas sendiri, ke mana-mana tapi saya tidak berhasil. Saya sekali lagi terima kasih Pak Kajati dan seluruh pengembalian aset ini yang memang hak warga Surabaya. Terima kasih,” jelasnya.

Setelah penyerahan aset YKP dan PT Yekape selesai, acara ditutup dengan Deklarasi Gerakan Penyelamatan Aset Negara yang diikuti oleh Pemerintah Daerah se Jatim dan Gubernur Jatim serta jajaran kejaksaan.