Tutwuri.id
News and Edutainment

5 Jurusan Millenal yang Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja

Tutwuri.id – Menyongsong masa depan harus mulai dipersiapkan mulai sekarang, berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia telah membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun akademik 2019/2020.

Tidak perlu khawatir bagi kita yang saat ini masih bingung mempertimbangkan jurusan yang akan dipilih. Dihimpun kompas.com, berikut 5 jurusan yang akan laku memasuki dunia kerja ditengah-tengah revolusi industri 4.0 :

1. Jurusan teknologi dan informasi (TI)

Perkembangan serta kemajuan teknologi yang cukup pesat tidak dapat dipungkiri mampu mempengaruhi kehidupan sehari-hari.  Di sinilah perlunya kehadiran para lulusan jurusan teknologi dan informasi. Mereka diharapkan bisa merancang dan memproduksi peralatan dan aplikasi berbasis digital untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang semakin beragam. Berikut ini beberapa profesi yang dihasilkan dari jurusan tersebut, contohnya software developer, system analyst, network engineer, konsultan TI, ahli digital forensik, pengembang aplikasi mobile dan situs web, serta perencana sistem kecerdasan buatan.

2. Jurusan matematika dan statistika

Banyak profesi yang berhubungan dengan jurusan itu. Ada lulusan yang bisa menjadi guru, dosen, dan peneliti. Ada juga yang menjadi ahli statistika yang berperan dalam mengembangkan bisnis perusahaan, aktuaris di perusahaan asuransi dan investasi, analis keuangan, dan akuntan.

3. Jurusan farmasi

Sampai saat ini hingga bertahun-tahun ke depan, diprediksi lulusan farmasi terus dibutuhkan seiring dengan banyaknya penemuan penyakit baru sehingga diperlukan juga obat-obatan baru yang bisa menyembuhkan sakit itu.Sejumlah profesi yang cocok bagi lulusan dari jurusan farmasi yaitu apoteker, guru, dosen, lembaga pemerintahan, peneliti, serta pekerja di rumah sakit dan laboratorium.

4. Jurusan desain komunikasi visual

Kehadiran media visual sangat dibutuhkan oleh berbagai dunia usaha dan dunia industri masa kini. Beberapa profesi yang bisa dihasilkan dari jurusan itu misalnyagraphic designer, visual designer, web designer, ilustrator, creative director, dan art director.

5. Jurusan ilmu komunikasi

Sejumlah profesi yang dibutuhkan pada masa mendatang terkait jurusan ini antara lain jurnalis, presenter, master of ceremony (MC), public relations officer atau hubungan masyarakat, event organizer, praktisi periklanan, dan marketing communications.

Berita Lainnya