Tutwuri.id
News and Edutainment

Wali Kota Risma Siapkan Perwali Pendidikan Antikorupsi

Tutwuri.id – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berkesempatan hadir dalam Roadshow Bus KPK ‘Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’ di Mall Pelayanan Publik Siola, Sabtu (13/07/2019). Pada kesempatan itu, Risma, sapaan akrab wali kota, memberikan materi dihadapan guru dan kepala sekolah jenjang TK, SD/MI, dan SMP/MTs, serta mendongeng dan bercerita di hadapan siswa.

Risma menjadi pembicara pertama dalam workshop Insersi Pendidikan Antikorupsi dan Sosialisasi Aplikasi Jaga. Dia hadir bersama Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono.

Wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini menjelaskan, guru memiliki peranan penting bagi perkembangan anak-anak. Sebab, anak-anak inilah yang nanti ke depannya menjadi penerus perjuangan pendahulunya.

“Layani dengan sungguh-sungguh dan berikan yang terbaik. Panjenengan mendidik anak-anak bangsa untuk meneruskan perjuangan pendahulunya,” kata Risma.

Risma pun meminta para guru atau kepala sekolah untuk tidak malu ketika siswa meraih nilai jelek saat ujian. Yang terpenting, lanjut dia, didik anak dengan kebiasaan jujur, kerja keras serta daya juang tinggi dalam memperoleh se “Kalau suka mencontoh atau menyontek, itu namanya cari jalan pintas. Anak ini tidak akan survive di masa mendatang,” tuturnya.

Risma menegaskan, para guru yang berkumpul saat ini akan membuat kisi-kisi untuk membuat mata pelajaran (mapel) antikorupsi. Meskipun demikian, setiap hari pelajaran tentang antikorupsi harus diajarkan. “Nanti saya bersama Dinas Pendidikan (Dispendik) akan membuat peraturan wali kota (Perwali) pendidikan antikorupsi,” tegasnya.

Berita Lainnya