Tutwuri.id
News and Edutainment

Wakil Ketua KPK: Wali Kota Risma Menginspirasi Indonesia

Tutwuri.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyebut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai sosok kepala daerah yang dapat menginspirasi Indonesia. Pujian ini disampaikan saat Workshop Insersi Pendidikan Antikorupsi dan Sosialisasi Aplikasi Jaga di Siola, Sabtu (13/07/2019).

Dalam workshop itu, Saut satu panggung dengan Risma, sapaan akrab wali kota, dan Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono. “Ibu (Risma,red) menginspirasi Indonesia. Kami sudah minta beberapa daerah belajar ke Ibu,” kata Saut.

Saut mengungkapkan, setelah beberapa daerah itu belajar ke Surabaya kemudian malah kerjanya melambat, itu tidak masalah. Namun, daerah mana yang sudah belajar banyak dan melakukan perubahan, juga pasti diketahui.

Saut berpesan kepada peserta workshop yang merupakan guru, kepala sekolah, jenjang pendidikan dasar, untuk menanamkan 9 nilai yang sudah dijalankan di KPK. “Tanamkan nilai kesederhanaan, kejujuran, berani, adil, dan lain-lain itu ke dalam pelajaran. Semua itu harus terintegrasi dengan pelajaran,” ungkapnya.

Kondisi sekarang ini, lanjut Saut, anak-anak sekarang ini sudah mengukur dunia ini dari benda. Hal ini sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia ketika dijadikan ukuran. “Tanamkan nilai-nilai integritas. Pengayaan bisa melalui kearifan lokal,” katanya.

Saut menuturkan, jangan sampai anak-anak ini yang bersekolah di tempat bagus, kemudian memiliki karier bagus hingga menjadi pejabat, malah terjerumus. “Banyak yang ditangkap KPK itu pendidikannya S2, S3. Maka dari itu kita jaga integritas mereka dengan memasukkan pendidikan antikorupsi,” tandasnya.

Berita Lainnya