Tutwuri.id
News and Edutainment

Bersama Luna, Ridwan Masruri Giatkan Literasi

Tutwuri.id – Dengan menunggang kuda kesayangannya yang diberi nama “Luna”, Ridwan Sururi (45) melakoni sebagai aktivis literasi di lereng Gunung Slamet sejak 2014 silam. Tak tanggung-tanggung Ridwan memiliki 7.000 koleksi buku yang biasa ia pinjamkan ke masyarakat setempat, sayang Ridwan tak miliki gedung perpustakaan permanen untuk menyimpan buku-bukunya.

Mendengarkan kabar tersebut Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo langsung mengambil tindakan dengan memberikan bantuan untuk membantu membangun perpustakaan.

“Saya bantu sepuluh juta untuk bangun perpustakaan di rumah ya. Masih ada lahan to? Besok harus mulai dibangun,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, Ridwan merupakan pejuang liretasi tangguh. Bukan hanya bertahan dengan Kuda Pustaka-nya, rumahnya pun dia relakan untuk gerakan pengayaan literasi. Tidak heran selain anak-anak SD dan TPQ, siswa-siswi SMA pun kerap bertandang ke rumah Ridwan.

Saban Senin hingga Jumat, Ridwan Sururi keliling antar desa di Kecamatan Karangreja untuk meminjamkan ratusan buku. Sasarannya adalah Sekolah Dasar dan TPQ. Untuk membawa ratusan buku itu, dia mengandalkan dua kotak kayu yang diletakkan di punggung Luna, seekor kuda jenis Sumba yang dia pelihara sejak umur sembilan bulan.

Keakrabannya dengan kuda itu ternyata membawa keberkahan, saat salah satu juragan kuda mengatakan ingin berbuat lebih dengan kuda yang dirawat Ridwan. Ridwan lantas menyodorkan ide keliling desa sambil membawa buku-buku dongeng. Lantaran dirinya suka mendongeng, bahkan dongeng karyanya saat kecil disiarkan di Radio Republik Indonesia (RRI).

 

Berita Lainnya