Tutwuri.id
News and Edutainment

MPLS Jatim Digelar Mulai Pekan Depan

Tutwuri.id – Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat  SMA dan SMK di Jawa Timur (Jatim)akan digelar mulai pekan depan, Senin (15/07/2019). Para siswa baru tersebut diperbolehkan memakai seragam SMP. Tidak hanya itu, dalam rangka pembentukan karakter pelaksanaan MPLS juga akan diadakan dengan kegiatan luar sekolah.

Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Ety Prawesti mengungkapkan pelaksanaan MPLS mulai digelar tanggal 15 hingga 19 Juli 2019, pihaknya juga melarang siswa baru dengan mewajibkan memakai atribut MPLS.

“Kami telah mengeluarkan juknisnya, didalam juknis tersebut juga terdapat pelarangan fisik ataupun verbal, karena inti dari MPLS sendiri lebih mengutamakan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter,”ungkap Ety.

Menurutnya MPLS tahun ini terdapat  ada dua kategori. Pertama MPLS di lingkungan sekolah yang bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk pemantapan wawasan kebangsaan. Dan kedua, MPLS dengan sistem camp yang bekerjasama dengan Koarmada II TNI Angkatan Laut.

“Tapi tahun ini kami ada tambahan mitigasi, kita juga mengundang BPBD untuk pengetahuan dasar melindungi diri dari bencana. Baik kebakaran ataupaun gempa dan banjir, MPLS Camp akan dibuka pada 16 Juli oelh gubernur tahun ini mencapai 1200 peserta SMA se Jatim,”urainya.” terang Ety.

Sementara itu, Kepala SMAN 15 Surabaya, Johanes Mardijono menjelaskan pihak sekolah telah mendapat juknis dari Dindik Jatim terkait pelaksanaan MPLS di rentang Senin sampai Jumat (15-19/7/2019).

Selain itu sekolah juga mendapat edaran himbauan dari Cabdin ada agar sekolah membuat kegiatan membangun karakter sebagai rangkaian MPLS di luar sekolah.

“Sekolah-sekolah memang sudah memasukkan nilai pembangunan karakter dalam rencana kegiatan MPLS, cuma Cabdin lebih mendorong kegiatan pembetukan karakter itu keluar dari lingkungan sekolah,”paparnya

Untuk itu sekolah dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA negeri memprogramkan kegiatan dibluar sekolah secara serentak pada hari Kamis (18/07/2019).

“Nanti dibagi ada beragam divisi, seperti membersihkan lingkungan di taman, ke panti asuhan, ada yang keliponsos , ada yg ke madjid agung dan ada yang ke gereja. Ada juga yg ikut mengatur lalulintas seperti menyeberangkan pejalan kaki,”lanjutnya.

Berita Lainnya