Tutwuri.id
News and Edutainment

Mau Tau Teknik Merangkai Kayu Tanpa Paku, Begini Caranya

Tutwuri.id – Merangkai kayu tanpa paku apa mungkin? tentu hal tersebut yang ada di delam benak pikiran kita. Namun tak berlaku bagi para siswa SMK yang tengah mengikuti Lomba Kompentensi Siswa (LKS) 2019 di Jogjakarta.

Dengan menggunakan teknik joinery para siswa SMK berlomba mendapatkan juara para bidang ini.

Salah seorang pengampu bidang lomba, Nuryuli Prasetyo menuturkan joinery adalah teknik merangkai sambungan kayu menjadi suatu kesatuan karya benda. Tahun ini, peserta diminta untuk membuat satu desain jendela persis seperti yang dipajang di depan stan.

“Dalam bidang lomba joinery tahun ini, peserta diminta untuk membuat jendala beserta rangkanya”, Nuryuli, Selasa (09/07).

Peserta diwajibkan membuat jendela sesuai dengan contoh yang telah disiapkan tim juri. Menurut Nuryuli, salah satu aspek penilaian adalah soal batas toleransi. Di mana dalam peraturannya toleransi kerapatan yang diperbolehkan hanya sekitar 1 milimeter. Selain itu juga ada penilaian dari sisi manajemen waktu yang tak kalah penting.

“Jadi yang terpenting dalam lomba adalah manajemen waktu, peserta diberikan waktu selama 20 jam, perhari 7-8 jam untuk menyelesaikan produknya”, ujar guru SMK Negeri 1 Dilingo ini.

Jadi dibutuhkan ketelitian dan kematangan peserta, baik dalam membuat perencanaan hingga eksekusi. Karena teknik dan ketepatan dari rangkaian kayu akan menentukan kekokohan dari jendela yang dibuat.

Tahun ini di bidang lomba joinery, jumlah peserta sebanyak 21 siswa dari 34 provinsi. Juri yang terlibat terdiri dari kalangan akademisi, Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud, hingga alumni peserta lomba yang telah berprestasi di tingkat internasional.

Berita Lainnya