Tutwuri.id
News and Edutainment

Mau Masuk PTS, Simak Tips Berikut Ini

Tutwuri.id – Hasil pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah diumumkan, tak perlu berkecil hati bagi kalian yang tidak lolos. Terdapat puluhan hingga ratusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang siap menerima anda.

Saat ini ada begitu banyak PTS yang kualitasnya tidak kalah dari PTN, bahkan ada yang kualitasnya berstandar internasional.

Untuk meraih kesuksesan di masa mendatang, sebelum memilih PTS simak tips berikut ini :

1. Akreditasi

Akreditasi merupakan standar yang ditentukan oleh pemerintah sebagai penanda tingkat kualitas suatu PTS. Ada tiga tingkat akreditasi umum, yaitu akreditasi A (sangat baik), akreditasi B (baik), dan akreditasi C (cukup). Masyarakat dapat mengetahui akreditasi sebuah PTS melalui https://www.banpt.or.id/

2. Peringkat

Untuk mengetahui peringkat kampus dapat dilihat melalui laman websiteKementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan QS World University Rankings (WUR) atau Times Higher Education (THE)

3. Biaya kuliah

Tidak semua PTS menetapkan biaya kuliah lebih tinggi dibanding PTN. Ada juga PTS menetapkan biaya kuliah terjangkau dengan kualitas pendidikan tidak kalah dari PTN. Bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan gratis dapat mencari informasi program beasiswa di PTS.

4. Kualitas alumni

Kesuksesan alumni suatu jurusan di PTS juga berpengaruh terhadap pilihan seseorang. Banyaknya alumni yang sukses dan berprestasi tentunya dapat menjadi acuan bagi calon mahasiswa.

5. Rekomendasi

Jangan ragu meminta saran serta menanyakan pengalaman mahasiswa dan alumni yang sudah merasakan kegiatan belajar mengajar di PTS sasaran.

6. Lokasi

Jarak antara rumah dengan tempat perkuliah dapat menjadi sebuah pertimbangan dalam memilih PTS, semakin dekat dengan rumah biaya pendidikan juga akan semakin lebih ringan pula.

Berita Lainnya