Tutwuri.id
News and Edutainment

Ini 10 Keterampilan Hadapi Revolusi Industri 4.0

Tutwuri.id – Dalam keberhasilan suatu negara. Oleh sebab itu dengan adanya perkembangan teknologi digital yang semakin cepat yang tak terbatas oleh jarak dan waktu di butuhkan sebuah keterampilan yang mumpuni untuk memasuki tahun 2020 mendatang.

Mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengungkapkan, terdapat 10 keterampilan yang harus dimiliki SDM Indonesia untuk menghadapi tantangan global. Ke-10 keterampilan tersebut yakni :

1. Pemecahan masalah yang kompleks

2. Berpikir kritis

3. Kreativitas

4. Manajemen SDM

5. Mampu berkoordinasi dengan orang lain

6. Kecerdasan emosional

7. Penilaian dan keputusan

8. Orientasi pada layanan

9. Negosiasi

10. Fleksibilitas kognitif

“Dalam revolusi industri 4.0, semua hal itu akan berkaitan, perlu perubahan sistem yang besar. Harus diubah secara sistemik, tidak bisa sendiri-sendiri. Ini yang menjadi tantangan terbesar di Indonesia,” ujar Mari dalam diskusi bertema “Future Skills for Future Leaders” di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut mantan Mendag tersebut untuk mampu memecahkan sebuah masalah terkadang kita harus turun ke lapangan sehingga dapat memberikan solusi  terhadap masalah yang terjadi.

“Memecahkan masalah dengan observasi langsung. Open will, mau enggak melakukan perubahan. Hilangkan bias yang lama dan comfort zone,” imbuh Mari.