Tutwuri.id
News and Edutainment

Aplikasi PDDikti Permudah Masyarakat Cari Informasi Perguruan Tinggi

Tutwuri.id – Untuk mempermudah masyarakat, khususnya calon mahasiswa, mengakses informasi data seputar perguruan tinggi di Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan aplikasi mobile PDDikti.

Aplikasi buatan Pusat Data dan Informasi Kemenristekdikti ini bisa diunduh di Google play store secara gratis di tautan ini. Di dalamnya berisikan informasi tentang penelusuran perguruan tinggi, profil perguruan tinggi, profil program studi, serta berita-berita.

Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat data Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Semua data yang ditampilkan pada aplikasi ini berasal dari pelaporan data perguruan tinggi yang telah dilaporkan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohammad Nasir mengatakan, bagi calon mahasiswa yang belum diterima pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jangan putus asa. Masih ada ujian mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN. “Juga ada banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang bisa jadi pilihan,” katanya.

Menurut dia, Kemenristekdikti pun membantu mempermudah calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi dengan menyediakan aplikasi PDDikti Mobile, di smartphone. Lewat aplikasi ini calon mahasiswa bisa melihat akreditasi dari setiap perguruan tinggi di Indonesia.

“Akreditasi setiap perguruan tinggi juga bisa di cek dulu. Jangan sampai gagal SBMPTN terus enggak mau lihat ke depan. Kita kan mau Indonesia terus maju,” tandasnya.

Berita Lainnya