Tutwuri.id
News and Edutainment

Selain Padamkam Api Tim Walang Kadung Juga Lakukan Ini

Tutwuri.id – Padatnya permukiman di perkotaan tak menjadikan sebuah kendala ketika terjadi kejadian kebakaran sewaktu-waktu. Tim Walang Kadung Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya siap masuk ke gang-gang sempit guna segara memadamkan api.

Selain memadamkan api kebakaran kini Tim Walang Kadung juga memiliki tugas tambahan yakni melakukan sosialisasi bahaya kebakaran pada masyarakat kota Surabaya.

Berbekal kendaraan roda dua Kawasaki Versys 250 cc yang telah dimodifikasi, Tim Walang Kadung mulai bergerak dari satu tempat ke tampat lainnya untuk melakukan patroli hingga sosialiasi bahaya kebakaran. Mereka juga rutin melakukan blusukan ke gang-gang

Tidak hanya mampu memadamkan api, namun tim Walang Kadung juga harus memiliki keahlian dalam mengendalikan motor dan mengoperasikan alat-alat yang ada di motor tersebut. Di antaranya, slang dan tabung pemadam. Mereka juga harus betah berkeliling dengan mengenakan seragam lengkap khas petugas pemadam kebakaran.

Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya Irvan Widyanto menuturkan Motor PMK berjuluk Walang Kadung ini ditujukan untuk mempermudah menembus area yang tidak bisa dijangkau oleh mobil PMK seperti gang kecil atau perkampungan.

“Motor dengan CC besar ini kami desain khusus untuk jadi motor PMK. Inilah PMK Walang Kadung,” ujar Irvan Widyanto Selasa (09/07/2019) dikutip gridoto.com

Sesuai namanya, motor PMK ini dijuluki Walang Kadung yang berarti belalang yang gesit dan mampu menerobos area kecil, bahkan bisa terbang dan meloncat kemana pun menuju TKP kebakaran.

Walang Kadung memuat dua tabung pemadam berupa foam atau busa. Pemadaman dilakukan dengan sistem compressed air foam system. Inilah campuran air dan foam dengan tekanan sampai 9,5 bar.

Fitur-fitur Walang Kadung meliputi, jok belakang terdapat tempat gulungan selang sepanjang 15 meter. Dua tabung foam dengan kapasitas masing-masing 25 liter.

Selain itu, helmnya didesain khusus sehingga terkoneksi dengan alat komunikasi (handy talky). Saat mengendarai motor Walang Kadung, petugas sudah siap dengan seragam savety pemadam.

Berita Lainnya