Tutwuri.id
News and Edutainment

Produksi KBRS Mampu Tangani Korban Bencana Alam

Tutwuri.id – Setelah berhasil memproduksi Kapal Rumah Sakit Kapal Republik Indonesia (KRI) DR Suharso (990) dan KRI Semarang (594), PT. PAL Surabaya kembali mendapat kepercayaan dari TNI AL  untuk memproduksi Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS).

Direktur Utama PT. PAL Budiman Saleh mengungkapkan PT. PAL murni mendesain dan memproduksi sendiri kapal dengan fasilitas lengkap layaknya sebuah rumah sakit.

“Kapal BRS ini harus tuntas Oktober 2021, kontrak dengan TNI AL dimulai April 2019” terang  Budiman Saleh, Selasa (09/07/2019) .

Direktur Pembangunan Kapal PT. PAL Turitan Indaryo menuturkan kapal BRS nantinya akan lebih canggih serta lebih futuristik dibanding dengan kapal Rumah Sakit (RS) pendahulunya. Ia mengukapkan rumah sakit apung ini lengkap dengan fasilitas semua tindakan medis yang bisa dilakukan di atas kapal RS.

“Kapal ini dapat tidak hanya untuk operasi militer maupun operasi non militer, tetapi juga untuk menangani korban bencana alam”, terang Turitan.

Sementara itu, Asisten Logistik Kasal Laksamana Muda TNI Moelyanto berharap agar pemesanan kapal BRS dapat diselesaikan  tepat waktu, sehingga nantinya dapat segera dioperasionalkan di jajaran TNI AL.

“Kapal ini akan menjawab kebutuhan kami terhadap rumah sakit di atas perairan,” ujar Moelyanto.

Kapal dengan panjang 124 meter tinggi 7,8 meter dan lebar 22 meter ini mampu mengangkut pasukan dan pasien sekitar 651 orang, 120 kru kapal RS, 16 orang kru heli, 89 staf kesehatan. Kapal dengan bobot 7,3 ton ini didesain khusus untuk melaju dengan kecepatan maksimal 18 knots. Kapal ini juga bisa untuk landing 3 heli dan 2 ambulans boat.

Berita Lainnya