Tutwuri.id
News and Edutainment

Trailer Bumi Manusia jadi Trending di Youtube Indonesia

Tutwuri.id – Mulai dirilis pada Kamis (04/07/2019) lalu, official trailer Bumi Manusia telah menduduki pucak trending nomor satu (1) di Youtube Indonesia. Saat dipantau Senin (08/07/2019) pagi, film yang diangkat dari roman karya Pramoedya Ananta Toer ini telah ditonton sebanyak 2,9 juta lebih.

Film yang akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia mulai 15 Agustus mendatang itu diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Minke, Mawar de Jongh sebagai Annelies, Sha Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh, dan lain-lain.

Bumi Manusia merupakan film adaptasi novel dengan judul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Novel ini bagian pertama dari Tetralogi Buru. Tiga buku lainnya adalah Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca. Pembuatan film Bumi Manusia berada dalam arahan arahan Hanung Bramantyo sebagai sutradara, serta Salman Aristo sebagai penulis naskah.

Dikutip dari akun Youtube Falcon, Bumi Manusia ini adalah kisah dua anak manusia yang meramu cinta di atas pentas pergulatan tanah kolonial awal abad 20. Inilah kisah Minke dan Annelies. Cinta yang hadir di hati Minke untuk Annelies, membuatnya mengalami pergulatan batin tak berkesudahan.

Dia (Minke,red), pemuda pribumi, Jawa totok. Sementara Annelies, gadis Indo Belanda anak seorang Nyai. Bapak Minke yang baru saja diangkat jadi Bupati, tak pernah setuju Minke dekat dengan keluarga Nyai, sebab posisi Nyai di masa itu dianggap sama rendah dengan binatang peliharaan.

Namun Nyai yang satu ini, Nyai Ontosoroh, ibunda Annelies, berbeda. Minke mengagumi segala pemikiran dan perjuangannya melawan keangkuhan hegemoni bangsa kolonial. Bagi Minke, Nyai Ontosoroh adalah cerminan modernisasi yang kala itu sedang memulai geliatnya. Ketika keangkuhan hukum kolonial mencoba merenggut paksa Annelies dari sisi Minke, Nyai Ontosoroh pula yang meletupkan semangat agar Minke terus maju dan memekikkan satukata, “Lawan!” (*)