Tutwuri.id
News and Edutainment

Perpisahan yang Mengharukan

Tutwuri.id – Jumat pagi sebelum kami semua berangkat ke Masjid untuk mengikuti salat Jum’at di Masjid Al Rahmah seperti biasanya, kami berkumpul di Chapelle sekolah. Di ruang tersebut telah tertata 4 buah kursi di depan dan telah terpasang untuk masing-masing kursi tersebut sebuah balon. Kami semua mengira hari ini akan ada siswa yang berulang tahun sehingga semua anggota delegasi pendidikan diundang ke ruangan ini.

Setelah semua siswa dan guru St Vincent’s School hadir di ruang utama Chapelle dan acara dimulai, barulah kami mengetahui ternyata acara ini adalah acara perpisahan untuk 4 siswa St Vincent’s School yang akan melanjutkan pedidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Keempat siswa tersebut adalah: Scott Anderson, Liam Temple, Summer Pearson, dan Aiden Preston.

Acara dimulai dengan sambutan singkat, namun sangat mengharukan dari MC yang merupakan siswa St Vincent’s School dan sahabat baik mereka berempat sejak awal sekolah di sini. Dia membawakan acara sambil tersenyum dan menangis. Antara bahagia melepas kepergian teman baiknya untuk melanjutkan studi bercampur dengan kesedihan karena akan berpisah dengan mereka, sahabat-sahabat terbaiknya.

Selama acara berlangsung, laya LCD proyektor terus menampilkan album foto-foto dokumentasi berbagai kegiatan keempat siswa tersebut mulai saat mereka masih Play Group, TK, SD, SMP hingga mereka lulus SMA di sekolah ini. Foto-foto tersebut menggambarkan betapa cerianya mereka belajar bersama para siswa dan guru-guru yang sangat menyayangi mereka. Kami semua para delegasi pendidikan yang menyaksikan acara ini juga tak luput dari rasa haru yang mengharu biru. Tak terasa meneteslah air mata kami.

Para siswa ABK Visual Impairment ini begitu luar biasa. Semangat hidupnya, rasa percaya dirinya, kemampuan berkomunikasinya, rasa cinta dan kepeduliannya pada sesama, kreativitasnya, semua luar biasa. Hal tersebut terlihat dengan nyata saat mereka satu persatu diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan sebagai ungkapan perpisahan.

Semua bergembira bercampur sedih yang tak terkira. Semua guru dan siswa yang hadir memberikan applause yang meriah setiap kali mereka menyampaikan apresiasinya. Mereka semua juga tertawa gembira ketika keempat siswa ini mengenang masa-masa bersama di sekolah ini yang kadang diwarnai kekonyolan dan kelucuan.

Tak lupa, salah satu siswa tersebut, Aiden Preston, yang sangat bagus kemampuan vokalnya dalam bernyanyi juga menyumbangkan suaranya dalam acara ini. Sebelum acara dimulai dia bernyanyi dengan suara yang sangat merdu. Saat acara berakhir pun dia bernyanyi kembali diiringi alunan musik organ dari guru musiknya di sekolah ini. Sungguh tak kalah merdu bila dibandingkan dengan suara ara penyanyi barat lainnya. Sudah sangat berkelas.

Suasana haru tersebut lebih terasa ketika para wali murid dari keempat siswa tersebut juga hadir di tengah-tengah mereka. Mereka terlihat sangat bangga dengan perkembangan anak-anak mereka. Tak lupa mereka juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sekolah. Kepala sekolah, Dr. john A. Petterson diakhir acara pun tampil memberikan sambutan yang sangat ekspresif. Beliau memuji kehebatan dan prestasi keempat siswanya tersebut. Beliau juga berharap di luar sana, mereka akan lebih sukses dalam pendidikan selanjutnya dan juga karier mereka kedepan akan menjadi sukses.

Setelah semua rangkaian acara perpisahan selesai, kami semua diarahkan untuk ke ruang makan untuk makan siang bersama mereka semua. Saat itulah seorang wali murid menyumbangkan kemampuannya bermain alat musik tradisional yang sangat unik dan menarik. Sungguh suasana sekolah yang sangat menginspirasi. Hubungan kekeluargaan dan saling men-support antara semua stake holder di sekolah ini sangat baik dan mengagumkan. Semoga sekolah-sekolah kita di Tanah Air bisa menerapkannya juga. Amin. (*)

*Tim Delegasi Pendidikan Kota Surabaya di Liverpool United Kingdom

Staff Kurikulum SMP Negeri 40 Surabaya

Berita Lainnya