Tutwuri.id
News and Edutainment

Kirab Api Porprov Jatim 2019 Sampai di Surabaya

Tutwuri.id – Kirab Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) tahun 2019 tiba di Kota Surabaya, Kamis (04/07/2019). Diperkirakan, pada pukul 18.30 WIB, kirab api Porprov mulai bergerak dari kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim menuju Gedung Negara Grahadi.

Kirab ini melintasi Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya Wonokromo, Jalan Darmo, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Tunjungan, terakhir Jalan Gubernur Suryo. Rombongan kirab akan disambut langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa setibanya di Gedung Negara Grahadi.

“Usai diberangkatkan dari Kabupaten Gresik sekitar pukul 14.00 WIB, api Porprov diperkirakan sudah tiba di depan halaman Kantor Dinas Perhubungan Jatim pukul 17.00 WIB,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim Aries Agung Paewai, Selasa (04/07/2019).

Dia menjelaskan, api Porprov Jatim ini akan berada di Gedung Negara Grahadi satu malam. Keesokan harinya kirab api Proprov dilanjutkan menuju Lamongan, tempat pembukaan Porprov Jatim 2019. “Akan ada prosesi penyerahan api Porprov ke Gubernur untuk kemudian dinyalakan di kaldron-kaldron yang sudah disediakan,” ujar Aries.

Sebelum tiba di Kota Surabaya, api Porprov telah dikirab ke beberapa daerah di Jatim. Dimulai dengan pengambilan api dari Kayangan Api, Bojonegoro, pada Senin (01/07/2019) dan dikirab keliling kota. Keesokan harinya, Selasa (02/07/2019), api Porprov dikirab di Kabupaten Tuban.

Selanjutnya, pada Rabu (03/07/2019), api Porprov tiba di Kabupaten Lamongan dan langsung dibawa ke Kabupaten Gresik. Setelah dikirab keliling Gresik, api diinapkan di pendopo dan kemudian dikirab menuju Grahadi hari ini. (*)

Berita Lainnya