Tutwuri.id
News and Edutainment

Wooww !!! Masih Mahasiswa Jadi Juri OSN, Begini Ceritanya

Tutwuri.id – Iqbal Hakim mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Planologi semester 5 menjadi juri muda di OSN 2019 untuk bidang lomba Geografi jenjang SMA.

Pria yang lahir di Tangerang pada 2 Februari 1999 silam menuturkan dirinya bisa menjadi juri OSN bidang Geografi karena pengalamannya yang telah mengikuti kompetisi internasional dan menjadi asisten dalam pelatnas.

Iqbal mengungkapkan biasanya alumni olimpiade sains internasional akan diminta bantuannya untuk menjadi asisten pelatnas di tahun berikutnya. Kemudian jika penilaiannya baik, maka selanjutnya dapat direkrut menjadi juri OSN.

“Saya merasa terbantu oleh negara.  Maka saya pun harus membantu negara kembali sebagai wujud rasa terima kasih saya. Selain itu saya juga bisa membantu generasi baru di bidang geografi,” tutur Iqbal saat menjelaskan mengapa mau menjadi asisten pelatnas dan juri OSN.

Menurut Iqbal, teknik belajar yang diterapkan dalam bidang geografi tidak dapat dipelajari sekaligus karena cakupan bidang geografi sangat luas dan beririsan dengan bidang lainnya seperti fisika dan matematika.
Ia pun memiliki teknik belajar khusus saat belajar untuk menghadapi olimpiade. “Belajar geografi tidak bisa dengan sistem kebut semalam. Harus dipelajari satu-persatu secara mendalam setiap minggunya, dan ketika akhir bulan langsung dapat di-review secara menyeluruh,” ujar Iqbal saat ditemui di SMK Negeri 1 Manado, Selasa (02/07/2019).

Berita Lainnya