Tutwuri.id
News and Edutainment

Woow!!! Mulai Tahun Ajaran Baru SPP SMA dan SMK Negeri Jatim Gratis

Tutwuri.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur akan menggratiskan biaya SPP untuk SMA dan SMK Negeri mulai tahun baru 2019/2020 melalui program Gratis Berkualitas (TisTas).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan tahun ajaran baru mendatang SMA dan SMK negeri di Jawa Timur (Jatim) sudah gratis semua. Sedangkan SMA/SMK swasta bakal mendapatkan biaya subsidi SPP dengan nilai berbeda.

“Cukup banyak sekolah yang besaran subsidi dari Pemprov malah surplus”, ujar Khofifah.

Dilansir dari jatim.tribunnews.com, Selasa (11/06/2019) tujuan program TisTas ini ialah tidak lain untuk mencapai tujuan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Timur. Menurutnya, saati ini posisi IPM Jatim terendah di pulau Jawa dan urutan ke 14 di Indonesia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Hudiyono mengungkapkan untuk pemberian subsidi kepada SMA dan SMK Swasta di Jatim besaran subsidi yang diberikan bergantung dari indeks masing-masing wilayah.

“Ada sekolah yang SPP-nya Rp 135 ribu per bulan. Tapi misalnya diberikan subsidi Rp 125 ribu. Nah selisihnya ditanggungkan ke orang tua. Tapi juga ada yang dapat subsidi Rp 185 ribu padahal SPP-nya Rp 125 ribu, maka selisihnya harus digunakan sekolah untuk peningkatan mutu siswanya,” ujar Pria yang sehari-hari juga menjabat sebagai Kepala Biro Kesra Pemprov Jatim.

Ia menambahkan untuk menunjang pendidikan yang berkualitas  Pemprov Jatim juga memberikan seragam gratis  kepada seluruh siswa baik SMA mapun SMK negeri ataupun swasta.

Berita Lainnya