Tutwuri.id
News and Edutainment

Lintang Getol Kampanyekan Pengurangan Sedotan Plastik demi Masa Depan

Tutwuri.id – Banyak cara bisa dilakukan sebagi wujud kepedulian terhadap gerakan cinta lingkungan. Salah satu di antaranya adalah dengan mengurangi sampah plastik melalui pengurangan penggunaan sedotan plastik.

Seperti yang dilakukan oleh Rhanantya Relintang Putri Agung, siswa SMPN 6 Kota Surabaya yang saat ini naik ke kelas X. Sejak tahun 2017 silam, dia sudah getol mengampanyekan pengurangan sampah plastik di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. “Di sekitar sekolah dan luar sekolah sudah pernah dikampanyekan, bahkan ke beberapa tempat makan cepat saji,” kata Lintang.

Dia menjelaskan, sebelum mengampanyekan pengurangan sedotan plastik, setiap orang harus tahu dampak bahaya limbah plastik secara umum. Setelah tahu dampaknya, akan lebih mudah menyosialisasikan kepada masyarakat umum. “Apalagi saat ini sedotan ramah lingkungan mudah didapat, atau bisa membawa tumbler sebagai pengganti botol plastik dan sedotan plastik,” ungkapnya.

Karena kampanyenya tersebut, Lintang sempat menjadi finalis Putri Lingkungan tahun 2018 se-Kota Surabaya. “Semula memang harus muncul kesadaran dari dalam diri sendiri akan bahaya sampah platik, baru membangun kesadaran di lingkungan sekitar,” katanya.

Lintang berharap, sebagai generasi milenial, bukan hanya dirinya yang peduli terhadap lingkungan. Semua kalangan harus sadar untuk menjaga dan mencintai lingkungan. Apalagi, semua itu untuk masa depan yang lebih baik. “Mulai sekarang jangan hanya memikirkan masa sekarang, tapi juga masa depan,” pungkasnya.

Berita Lainnya