Tutwuri.id
News and Edutainment

Pemkot Surabaya Kembali Luncurkan Program Beasiswa Mahasiswa

Tutwuri.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya kembali meluncurkan program beasiswa mahasiswa. Program beasiswa ini diperuntukan bagi warga Kota Surabaya dari keluarga kurang mampu yang merupakan lulusan SMA sederajat.

Pogram beasiswa mahasiswa ini dibagi ke dalam beberapa kategori, antara lain program beasiswa mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN), beasiswa kuliah D3 di Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) dan langsung penempatan kerja, serta program beasiswa D3 Teknologi Bank Darah yang bekerja sama dengan Universitas Dr. Soetomo dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan menjelaskan, untuk beasiswa mahasiswa PTN, Pemkot Surabaya sudah menjalin kerja sama dengan PTN yang ada di Kota Pahlawan. Di antaranya Universitas Airlangga (Unair)  Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim, Universitas Islam Sunan Ampel (UINSA), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya.

Ikhsan menyatakan, persyaratan secara umum bagi calon pendaftar beasiswa mahasiswa PTN adalah sudah diterima di PTN yang ada di Kota Surabaya. “Pendaftar akan diminta menyerahkan fotokopi kartu keluarga (KK), KTP orang tua, melampirkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan, serta melampirkan bukti-bukti sudah diterima atau sedang berkuliah di PTN,” katanya.

Sedangkan untuk beasiswa D3 di Politeknik Ubaya, kata Ikhsan, merupakan perwujudan kerja sama Triple Helix antara Pemkot Surabaya, Politeknik Ubaya, dan perusahaan-perusahaan. “Ibu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah menandatangani kerja sama ini bersama Ubaya dan perusahaan. Jadi, setelah lulus kuliah, penerima beasiswa bisa langsung penempatan kerja,” ungkapnya.

Dalam program beasiswa D3 Politeknik Ubaya, pendaftar bisa memilih progran studi (Prodi) yang disediakan. Ikhsan menjelaskan, Prodi itu antara lain Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Sekretaris/Administrasi Perkantoran, Bahasa Inggris Bisnis, dan Perpajakan.

“Beasiswa D3 Politeknik Ubaya bisa diikuti oleh lulusan SMA/SMK/MA sederajat tahun 2017 sampai tahun 2019 dengan menyertakan ijazah dan surat hasil ujian nasional (SHUN), melampirkan fotokopi nilai rapor kelas X-XII yang sudah dilegalisir, melampirkan SKTM, fotokopi KK, berusia maksimal 22 tahun,” katanya.

Pemberian syarat lebih spesifik diberikan kepada calon pendaftar untuk program beasiswa D3 Teknologi Bank Darah. Selain ditujukan untuk warga Kota Surabaya dari keluarga tidak mampu, calon pendaftar harus memenuhi syarat tinggi badan minimal 150 cm untuk perempuan dan 155 cm untuk laki-laki. “Beasiswa dapat diikuti lulusan tahun 2018/2019 dan berusia maksimal 22 tahun, tidak buta warna, dan lain-lain,” ujar Ikhsan. Seluruh informasi mengenai beasiswa itu, lanjut Ikhsan, dapat diakses melalui website dispendik.surabaya.go.id, akun instagram resmi @dispendiksby, alamat email dispendiksby@gmail.com. (rls/dwi)

Berita Lainnya