Tutwuri.id
News and Edutainment

FK UMSurabaya Buka Tiga Gelombang Pendaftaran

Tutwuri.id – Tahapan penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya tahun akademik 2019/2020 telah dimulai. Pendaftaran dibagi ke dalam tiga gelombang. Gelombang pertama dimulai 23 Desember – 21 April 2019 lalu, gelombang kedua pada 23 April – 20 Mei, dan gelombang ketiga pada 22 Mei – 22 Juli.

Rektor UMSurabaya Dr. dr. Sukadiono, MM mengatakan, alur pendaftaran pertama kali dengan mengisi formulir pendaftaran di laman www.um-surabaya.ac.id. Selanjutnya membayar formulir, tes tulis Tes Potensi Akademik (TPA), psikotes, tes kesehatan dan wawancara, terakhir adalah daftar ulang.

“Tes tulis gelombang pertama sudah dilakukan 22 April lalu. Sedangkan gelombang kedua dimulai 21 Mei mendatang, dan gelombang ketiga pada 23 Juli,” kata Sukadiono saat dikonfirmasi, Kamis (16/05/2019).

Dia menjelaskan, untuk jadwal psikotes, kesehatan dan wawancara akan disampaikan setelah peserta dinyatakan lulus dalam tes tulis. Materi tes meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi meliputi Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika.

“Tes wawancara akan dilakukan oleh para pimpinan di Fakultas Kedokteran UMSurabaya,” kata rektor yang akrab disapa Suko ini.

Tahun ini, lanjut Suko, kuota yang disediakan sebanyak 80 mahasiswa baru. Pada pendaftaran gelombang pertama lalu, sebanyak 20 calon mahasiswa dinyatakan lulus dan dua orang lainnya dinyatakan sebagai cadangan.

“Salah satu persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah siswa jurusan IPA dengan maksimal usia 21 tahun,” ujarnya.

Suko mengungkapkan, mahasiswa FK UMSurabaya memiliki lahan praktik di puluhan Rumah Sakit. Di antaranya RS Pendidikan Utama RS. dr. Soegiri Kabupaten Lamongan, RS. Dr. Soetomo dan RS Menur Kota Surabaya, serta 29 RS Muhammadiyag dan Aisyiyah se-Jatim. (rls/dwi)

Berita Lainnya