Tutwuri.id
News and Edutainment

AICMS, Inovasi Tenaga Kependidikan Unair untuk Putus Birokrasi Keuangan Berbelit

Tutwuri.id – Menanggapi perkembangan teknologi yang semakin maju, semua aspek kerja di lingkungan Universitas Airlangga (Unair) gencar mengembangkan inovasi baru untuk meningkatkan sistem layanan yang ada. Tak terkecuali Direktorat Keuangan Unair yang mencetuskan inovasi AICMS beberapa waktu lalu.

AICMS (Airlangga Integrated Cash Management System) merupakan sistem pengelolaan keuangan Unair yang sudah terintegrasi. Dengan begitu, proses pencairan dana menjadi lebih cepat karena diproses dari satu layar, yaitu melalui Sistem Informasi Keuangan Unair.

”AICMS akan mempersingkat proses pencairan dana dari fakultas dan unit kerja sampai dengan transfer bank. Kita tidak perlu lagi mengirim berkas ke bank persepsi atau membuka internet banking karena semua transaksi dilakukan di Sistem Keuangan UNAIR,” jelas Anto Sujarwo, SE., salah seorang tim pengembang AICMS.

Dengan sistem yang terintegrasi tersebut, proses pengajuan penggunaan anggaran oleh unit kerja ke Direktorat Keuangan akan lebih cepat. Selain itu, ke depan, penggunaan AICMS tersebut mengurangi penggunaan kertas karena tidak perlu lagi berkas berjalan.

”Pelayanan keuangan di Unair akan lebih cepat. Pencairan dana yang dulu berhari-hari, sekarang mungkin dalam hitungan jam sudah bisa cair. Ke depan pengembangan sistem ini juga paperless,” ungkapnya.

Anto menyampaikan bahwa saat ini masih dalam masa transisi dari sistem yang lama ke sistem yang baru. Walaupun sempat menemui beberapa kendala selama proses pengembangan, pada awal Mei 2019, AICMS akan siap diterapkan.

”Nanti, kedua sistem akan berjalan bersama sampai sistem yang baru benar-benar teruji. Kita akan beralih ke sistem yang baru apabila sudah benar-benar teruji,” terangnya.

”Untuk pilot, project kita menggunakan dua bank. Satu bank sudah selesai kami kembangkan dan siap untuk live awal bulan depan,” imbuhnya.

Tim IT Direktorat Keuangan, Bendahara, PUMK Fakultas, BPI, DSI, dan tim Akuntansi Universitas Airlangga terlibat dalam pengembangan sistem yang dimulai sejak Oktober 2018 tersebut. ”Dengan adanya AICMS ini, harapannya pengelolaan keuangan universitas semakin cepat, tepat, dan akuntabel. Sehingga dapat mendukung program-program Unair menuju 400 besar World Class University,” pungkas Anto selaku bendahara pengeluaran universitas. (rls/dwi)

Berita Lainnya